Cara Bijak Menyikapi Dunia

“Dunia ibarat Kamar Mandi yg tidak Bisa Suci, Walaupun Kamu Telah bersihkan akan datang Org lain yang Akan Mengotorinya. Akan tetapi Masuklah ke kamar mandi seperlunya dan Keluarlah Jika Telah Selesai.”
Mudah-mudahan kita Mendapat Taufiq sehingga Kita bisa di golongkan dengan Org-org sholeh…

Aamiiiiiin…

“Pitutur Luhur”

Nggèr anak putuku…

Sawangen kaé dagelan jagat..

Sing lagi rebutan donya lan pangkat..
Rumangsané wis paling kuat..

Nganti lali yèn donya iki bakalé kiamat..
Nggèr anak putuku…

Sawangen kaé dagelan jagat..

Padha lali ngrumat wasiat..

Gaman aji kanggo donya lan akhirat..
Nggèr anak putuku…

Sing kok sawang kaé ojo ditiru..
Rungokno lan élinga karo pesenku..

Kanggo ugeman lakon uripmu..
Nggèr anak putuku…

Bagusmu dudu saka awak lan sandanganmu, luwih-luwih bondomu … dudu anak putuku!! Ayumu dudu saka wedak pupur kang gampang luntur..

Nanging kabeh mau saka resiké atimu sing nampa pitutur luhur.. Sugihmu dudu emas picis raja brana sing gampang sirna..

Nanging jembaré atimu sing koyo segara, Sing iso nampa pesthining kang maha kuwasa.

Nggèr anak putuku,..Eling ta di éling-éling.. Ojo nganti imanmu nggoling..

Nggèr anak putuku..Sekarat pati iku banget larané.. Sebab nalika jaman uripé.. Akeh dosané lali marang taubaté..

Ngumbar terus hawa nafsu lan murkané, Saiki cedakno atimu lawan Gusti Kang Murbeng Dumadi, Mesti uripmu bakal mukti ing donya lan akherat.

***

10 FILOSOFI JAWA

1. Urip Iku Urup (Hidup itu “nyala”/ penerang. Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita. Semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik)

2. Amemayu Hayuning Bawana Ambrasta Durangkara (Manusia hidup di dunia wajib mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak)

3. Suradira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti (Segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dgn sikap bijak, lembut hati dan sabar).

4. Nglurug Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji², Sugih Tanpa Bandha (Berjuang tanpa perlu membawa massa. Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan lawan. Berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan, kekayaan, kekuasaan, atau keturunan. Kaya bukan didasari kebendaan).

5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan (Jangan gampang sakit hati (=serik) manakala musibah menimpa diri. Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu).

6. Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman (Jangan mudah terheran-heran. Jangan mudah menyesali sesuatu. Jangan gampang terkejut. Jangan  kolokan atau manja).

7. Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman (Janganlah terkungkung oleh keinginan untuk mendapat kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi).

8. Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka (Jangan merasa paling pintar agar tidak salah arah. Jangan suka berbuat curang agar tidak celaka).

9. Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendho (Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah. Jangan berpikir mendua agar tidak kendor niat & tekad).

10. Aja Adigang, Adigung, Adiguna (Jangan suka bersikap sok kuasa, sok besar, sok digdaya).

Tips Tahan Lama Diatas Ranjang Meskipun Usia Diatas 50 Tahun

Wajib dibaca untuk akttifitas diatas Ranjang bagi teman – teman yang usianya telah melebihi 50 Tahun keatas.

Tips : 

  1. Pastikan suhu ruangan cukup nyaman (suhu 20°C.
  2. Gunakan Bahan Seprei & Sarung bantal guling yg Lembut & pastikan Menggantinya selama 3 hari Sekali Sehingga Terjaga Kebersihannya.
  3. Jika Anda Suka, boleh Gunakan Pengharum Ruangan atau Aroma Therapy yg Lembut.
  4. Letakkan Kebutuhan Penting anda Seperti Air Minum, Camilan, Buah atau Buku dan alat tulis serta handphone & Remote AC di meja Dekat Ranjang Sehingga Mudah mengambilnya tanpa Turun dari Ranjang.
  5. Jika Anda Suka Nonton TV, Maka Letakkan TV di depan Ranjang & Pastikan Remotenya dalam Jangkauan Sehingga Anda tak Perlu turun dari Ranjang.
  6. Jika Anda Lakukan semua Persiapan di atas maka Anda bisa Berjam-Jam di atas Ranjang dengan Nyaman.

Jangan Berharap Cerita yg Aneh2….. Karena yg Posting ini Orang Baik2 😁😁

Jangan Lupa Sruput Kopinya

Seorang Guru Sufi Tentang Dua Keadaan Manusia

Seorang Guru Sufi ditanya tentang 2 Keadaan Manusia :

1. Manusia yg Rajin Sekali ibadahnya, namun Sombong, Angkuh dan Selalu Merasa Suci..??

2. Manusia yang tak Pernah Ibadah, Namun Akhlaknya Begitu Mulia, Rendah Hati, Santun, Lembut dan Cinta dengan Sesama..??

Lalu Sang Guru Sufi  Menjawab :

Keduanya Baik..!!

Boleh Jadi Suatu Saat Si Ahli ibadah yang Sombong Menemukan Kesadaran tentang Akhlaknya yang Buruk dan Dia Bertaubat lalu ia akan Menjadi Pribadi yg Baik Lahir dan Batinnya.

Dan yg Kedua bisa Jadi Sebab Kebaikan Hatinya, ALLAH akan Menurunkan Hidayah lalu ia Menjadi Ahli ibadah yg Juga Memiliki Kebaikan Lahir & Batin.

Kemudian Orang Tersebut Bertanya lagi, lalu siapa yg Tidak Baik Kalau Begitu…???

Sang Guru Sufi Menjawab :

“Yang tidak Baik adalah Kita, Orang ketiga yang Selalu Mampu Menilai Orang lain, namun Lalai dari Menilai Diri Sendiri”

Semoga  kita Semua Senantiasa dalam LindunganNya

Selamat Beraktifitas, Shobakul Kheir.

Sebutir Tetes Air Mata

Lautan ILMU tak akan Menjadi memadamkan Walau Secuil Bara Api NERAKA…!!! Namun,  Sebutir Tetes Air mata seseorang yang Jatuh Karena Khusu’ (Takut)  kepada ALLAH Mampu Menghalangi Luapan Api NERAKA..!!

Lautan DUNIA (Harta dll) Tidak Akan Mampu Memadamkan Walau secuil dari Bara Api NERAKA…!!

Namun,  Sebutir Tetes air mata seseorang yang Jatuh karna Khusu’ (Takut)  kepada ALLAH Mampu Menghalangi Luapan Api NERAKA

Semoga Kita Tergolong yg Khusu’ dalam Beribadah & Selalu Takut Akan Siksa Api Neraka.. Aamiin

Shobakul Kheir

Mutiara Nasehat : Aib

Dari semua alasan kita menarik seseorang ke dalam hidup kita, janganlah salah satunya, untuk mengkhazanahi aib aibnya…

Karena tiap orang beriman tetaplah rembulan, yang kala putar dan kala edarnya terjadwal bumi sama serupa.

Maka ia memiliki disisa kelam, yang tak pernah ingin ditampakkanya pada siapapun…

Sehingga cukuplah bagi kita memandang sang rembulan, pada sisi cantik yang menghadap ke mayapada…

Tentu tanpa kehilangan semangat untuk selalu berbagi dan sesekali merasai gelapnya sesal dan hangatnya nasehat… sebagaimana sang rembulan yang kadang harus menggerhanai matahari.

Hidup Tak SeTeguh Super Mario

sahabat saya yang baik hatinya, hidup memang penuh dengan cobaan dan rintangan, penuh dengan dinamika kadang diatas kadang dibawah.

sahabat saya, hidup memang tidak semulus batok kepala sahabat super mario kadang ada lingso kadang ada tumo disana.

sahabat saya, buih kehidupan penuh lika dan liku tidak semunthuk sahabat super mario kadang buih disudut bibir kadang diujung gigi.

sahabat saya, hidup memang tidak mudah tidak semudah conthong sahabat super mario karena ligika kita lebih mudah nyothong daripada mempraktekkannya.

sahabat saya, tidak mudah menjadi manusia super mario akan tetapi jadilah manusia dirimu sendiri bukan manusia super mario yang digambarkan menyundhul tembok untuk mencari koin dan bendera.

ikhlaslah menjadi dirimu sendiri bukan yang lain, bukan superman, superwomen, BE YOURSELF, Hidup Memang Tidak SeTeguh Super Mario.

salam super dari DPS bukan dari Si-Super-Mario.