Ramadhan Pertama Di Surauku

Hari ke 18 (wolulas) tantangan #NulisRandom2015 dari komunitas #NulisBukuComunity, barokallah

imageZowLow – Kamis 18/06/2015 hari pertama dalam menjalankan puasa ramadhan tahun ini, seperti tahun tahun sebelumnya aku jalani puasa ini laksana rutinitas yang musti dijalani, tidak ada yang istimewa selain hikmah apa yang disampaikan ustadz ustadz ketika menyampaikan kultumnya. Dari menu makan sahur sampai persiapan pernik pernik persiapan aku lalui seperti hari biasanya, makan sahur menu nasi pecel telur dadar dan bandeng goreng dengan minuman white coffe sudah cukup rasanya untuk sahur malam tadi.

Padusan “ritual” persiapan menjalankan ibadah puasa dijalani cukup dirumah tidak di pemandian atau kolam renang pun demikian anak anak tidak memgajak kesana memang dari awal tidak saya biasakan begitu dan “ritual” padusan dilaksanakan dirumah bersihkan badan mandi keramas selesai, prinsip dari para leluhur padusan mengajarkan untuk mempersiapkan lahir dan batin dalam menghadapi ramadhan begitulah kira kira pesan dari para tetua dahulu.

Dimasjid kampung tempat saya tinggal begitu antusias menjelang ramadhan ini, pun demikian dengan semakin semaraknya masjid penuh sampai halaman masjid digunakan untuk sembahyang, indah kebersamaan semua dalam satu langkah di rumah Allah masjid/ surau di kampungku.

Persiapan telah dilaksanakan jauh sebelum ramadhan tiba dari kerja bakti membersihkan masjid, sampai pengaturan jadwal imam sholat dan kuliah tujuh menit, semarak sholat tarawih begitu antusias tua muda anak dan dewasa.

Dan ustadz ustadz kampungpun mulai terjun dimasyarakat dari yang baru belajar bicara dimuka umum sampai yang ustadz beneran, mereka berlomba lomba memakmurkan masjid/ surau tempat tinggalku, ustadz sosmed pun demikian memberanikan diri tampil yang selama ini ceramah dimedia sosialpun ikut menyemarakkan, antusias warga semoga tidak sia sia hingga akhir bulan ramadhan dan bisa merampungkan gemblengan diri menjadi insan yang bertaqwa. “Semoga keberkahan ramadhan pertama di surauku”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s