Ustadz Sosial Media

“berdo’alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara lembut. sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas” QS Al A’raaf – 55

Zowlow – Seiring dengan perkembangan tehnologi informasi batas sekat waktu dan tempat dunia seakan tidak ada batasnya kejadian saat ini dibelahan dunia lainya seketika itu juga dapat disaksikan dan diikuti, hal tak dapat dipungkiri telah banyak merubah pola pikir, pola hidup dan bahkan dalam tataran tertentu dalam ‘kehidupan’ spiritualitas kita.

ketika jejaring sosial merebak baik itu facebook, twitter, goggle+, path dan lain-lainnya, marak terjadi orang berdo’a di media sosial. walau terjadi perbedaan persepsi atau padangan perihal berdo’a ini toh sampai sekarang banyak yang melakukannya.

“berdo’a kok di media sosial, biar kelihatan alim kali ya” begitulah sebagian orang mengomentarinya atau bahkan “wah Allah juga punya medsos juga ya?” “ya setidaknya jaringan pertemanannya akan mengaminkan do’anya” begitulah yang setuju dengan do’a di medsos.

setelah sekian lama berdo’a lewat medsos jadi perbicangan mungkin sekarang marak ustadz-ustadz baru di media sosial (?) entahlah itu memang ustadz beneran atau mendadak jadi ustadz. ketika mengamati kadangkala ketika “mendadak jadi ustadz” sekedar copy paste dari postingan seseorang yang kebenarannya masih diragukan.

saya tidak ingin memperdebatkan keberadaan ustadz-ustadz sosmed ini toh pemahaman saya “sampaikanlah walau satu ayat” itu benar adanya, yang menjadi pertanyaan adakah standart-standart baku orang bisa disebut ustadz ketika menyampaikan wahyu wahyu Illahi dan bahkan itu disampaikan di medsos(?)

yang menjadi kerisauan adalah wasilah keilmuannya akan dipertanyakan, gurunya siapa(?) jawaban ustadz solmed(?) dan harus diakui anak muda sekarang lebih suka mencari literatur keilmuan di internet ketimbang bertanya kepada guru (?)

wallahu’alam bisawab ustadz sosmed monggo diwedar (?) bagaimana menurut anda(?)

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s