“Sadikin” Sakit Jadi Miskin

Dalam sebuah sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial/ BPJS Kesehatan salah satu nara sumbernya dari dosen kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta sekaligus dokter dibeberapa rumah sakit dikota itu.

Menurutnya ada beberapa penggolongan kelompok masyarakat yang akan tercover oleh Jaminan Kesehatan Nasional.

Selama ini yang telah tercover jaminan kesehatannya TNI/ Polri dengan Asabri, PNS dengan Askes, Buruh dengan Jamsostek, masyarakat miskin (penerima bantuan iuran) dengan Jamkesmas atau Jamkesda yang kesemuanya akan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan.

Adalah kelompok yang selama ini kurang mendapat perhatian yaitu kelompok kalau dikatakan mampu belum mampu benar, kelompok berpenghasilan akan tetapi penghasilannya tidak cukup untuk kelayakkan kesehatannya, bisa diibaratkan kelompok ini adalah “sadikin” jika mereka atau keluarganya sakit maka miskinlah mereka karena penghasilan atau bahkan harta warisan menjadi tanggungan kesehatannya, bahkan bisa jadi bukan lagi miskin akan tetapi menjadi kebangkrutan karena besarnya biaya kesehatan.

Jika anda peduli dengan mereka kaum sadikin dan ingin beramal tetap tiap bulannya masukkan saja ke BPJS Kesehatan kelas 3 misalnya dengan iuran sebesar Rp. 25.000/ orang, semisal keluarga itu 4 (empat ) orang maka kita akan mengiurkan tiap bulan Rp. 100.000, bagi sebahagian orang uang sebesar ini tidak ada artinya dan akan lebih berarti untuk saudara kita “sadikin”.

salam DPS

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s