membangun perencanaan strategis perjuangan serikat pekerja/ buruh (5)

sudah sekian waktu tulisan ini belum ada ujungnya, ya… banyak waktu saya belum sempat untuk meluangkan menulis, tuntutan anak istrilah yang mau tidak mau dikedepankan walaupun idealisme masih kuat di benak ini. Banyak ide gagasan yang belum tertuang dalam tulisan bahkan akan untuk menata dalam kata-katapun rasanya kesulitan karena bukan seorang penulis dan bukan seorang jurnalis akhirnya ya itu apapun hasilnya akhirnya saya tuangkan sebuah uneg-uneg ini dalam sebuah tulisan walaupun mohon maaf kalau dalam penyusunanan tulisan inipun tidak karuan struktur penulisannya, kosa katanya, bahkan tata bahasanya tentu kurang baik saya hanya mencoba menuangkan sebuah gagasan yang belum tentu yang membacanya sepaham dengan tulisan ini.

Apakah ini merupakan akhir dari seri membangun perencanaan strategis ataukah bukan tak tahulah yang pasti dari sekian langkah dalam sebuah perencanaan tentunya harus ada sebuah evaluasi pelaksanaan perencanaan. Evaluasi dan peninjuan ulang secara berkala dan teratur terhadap tujuan, strategi, dan pencapaiannya melalui kegiatan merupakan hal yang sangat penting. Seluruh perangkat dalam rencana strategis tidak boleh kaku dan alergi terhadap perubahan atau pembaruan. Rencana harus fleksibel, baik untuk membangun rumah atau organisasi. Evaluasi merupakan unsur mutlak dari sebuah rencana.

Dari evaluasi dan peninjauan ulang sebuah rencana, diharapkan SP/SB akan mampu, Menilai apakah kegiatan yang dijalankan benar-benar mendukung tercapainya tujuan dan strategi memutuskan apakah strategi dan tujuan yang sudah ditetapkan perlu direvisi dan diperbaharui.

Setelah menganalisis perubahan situasi yang harus dihadapi SP/SB dan membahas dasar-dasar perencanaan strategis, mulailah menerapkan rencana strategis terhadap sejumlah aspek vital dari SP/SB.

Aspek-aspek di dalam SP/SB yang perlu pendekatan strategis adalah :
• Pengorganisasian dan rekrutmen anggota
• Hubungan SP/SB dengan anggota
• Struktur organisasi dan administrasi SP/SB
• Keuangan SP/SB
• Pengembangan cakupan dan efektivitas PKB
• Pendidikan dan pelatihan anggota.
• Dan lain-lainnya

So bagaimana dengan serikat pekerja anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s