Etos Kerja Dan Ramadhan

Pada kebanyakan orang bulan puasa ramadhan dijadikan bulan untuk lemas, mengantuk dan tidak bergairah. Selain itu bagi orang bekerja terkadang ritual ibadah puasa menghalangi mereka untuk lebih meningkatkan gairah dan etos kerja.
Padahal sebaliknya bulan ramadhan justru momen yang sangat tepat untuk meningkatkan vitalitas dan etos kerja.

Betapa istimewanya bulan suci ini, dibulan ramadhan ada dua hal besar yang pernah terjadi sepanjang sejarah Islam. Pertama, menangnya umat muslim dalam perang Badar, kedua peristiwa Fathu Makkah (pembebasab kota Makkah). Hal-jal penting terjadi dibulan Ramadhan. Mereka mampu melakukan hal besar dalam kondisi berpuasa, kitapun harus demikian. Jadikan Ramadhan sebagai big performance umat Islam.

Big performance adalah perwujudan umat Islam dalam bulan Ramadhan yang tercermin dengan semangat baru dan siap meningkatkan kwalitas kerja. Karena dal Ramadhan telah terjadi serangkaian peristiwa berat dan besar namun dapat tercapai.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang cenderung menurun kwalitasnya pada bulan Ramadhan. Pertama orang tersebut belum siap menghadapi Ramadhan, karena belum siap ia pun tak terbiasa lapar, haus dan lain sebagainya. Kedua visi seseorang tersebut tidak sesuai dengan Ramadhan, oleh karenanyw Ramadhan lemah, jika visinya berbeda maka akan sulit jalani Ramadhan.

Manusia itu dibekali hawa nafsu itulah mengapa Allah perintahlan untuk berpuasa ‘agar nafsu jinak’. orang bekerjapun demikian. Mereka dibelali hawa nafsu lengkap dengan pengujian kesabaran dan ketabaham, mereka diuji apakah Ramadhan kwalitas kerja mereka menurun padajal bulan selain Ramadhan etos kerja mereka baik.

Setiap pekerjaan yang kita lakukan itu harus diniatkan karena Allah SWT dan diniatkan sebagai bentuk penghambaan diri padaNya, tak peduli dengan gaji yang didapat dengan jam kerja panjang, intinya keprofesionalan terwujud karena kita bertanggung jawab lepada Allah bulan karena jabatan apalagi materi yang kita dapat, oleh sebabnya muslim yang tangguh tak menjadikan gaji sebagai motivasinya. Gaji bulan motivasi tapi kontrak kerja, muslim yang ingin memiliki etos kerja yang bagus motivasinya juga harus benar.

Orang yang paling bahagia ialah orang yang bekerja karena Allah, lalu bersifat dermawan. Sedekah yang sempurna baginya ialah sedekah orang yang senantiasa memberi baik dalam keadaan lapang dan sempit.

barokallah…

Tinggalkan komentar